kemidi putar pasar malam

Nasib malang kali ini sedang melanda dunia. Tidak terkecuali Indonesia. Tidak terkecuali usaha apapun. Ekonomi dunia dilanda sakit seiring dengan pandemi covid-19 yang semakin merajalela. Krisis saat ini sangat berbeda dengan krisis yang terjadi sebelumnya. Dimana kita dihadapkan pada dua krisis sekaligus yaitu krisis kesehatan dan krisis ekonomi. Sebagai akibat dari adanya pandemi virus corona yang menyebar ke seluruh dunia, untuk mengurangi penyebaran tersebut maka penduduk dunia diharuskan mengurangi aktivitas. Termasuk aktivitas bisnis.

kemidi putar pasar malam
kemidi putar pasar malam

Imbas dari pengurangan pergerakan manusia tersebut ternyata sangat memberikan pukulan telak pada banyak sektor usaha. Sektor yang paling terpukul adalah sektor pariwisata dan transportasi. Diantara banyak sektor ekonomi, kedua sektor tersebut merupakan sektor yang paling terimbas dalam. Omzet pada sektor tersebut tidak lagi turun melainkan drop sangat signifikan bahkan sampai nol sama sekali. Lalu bagaimana kita menyikapi hal ini sehubungan dengan kita (pemain odong-odong) yang berada pada ranah ini?

Strategi pelaku usaha odong-odong di kala pandemi Covid-19

Pada saat awal mula corona masuk ke Indonesia, sempat membuat geger se-Indonesia. Hal tersebut disikapi oleh masyarakat dengan benar-benar ada di rumah masing-masing. Hal tersebut yang membuat sepi jalanan dimanapun. Sampai tidak ada orang yang berusaha sama sekali. Seiring dengan perjalanan waktunya dan mulai adanya penemuan mengenai vaksin virus corona tersebut, berangsur-angsur kegiatan aktivitas masyarakat kembali pulih. Masa tersebut dikatakan era new normal.

Saat ini (di era new normal) kita sudah lebih banyak dapat bergerak. Khususnya pelaku odong-odong masih bisa secara lokal menjalankan aktivitasnya di wilayahnya masing-masing. Melayani masyarakat yang bersifat lokal, agar tidak tercampur dengan orang dari luar wilayahnya tersebut. Mungkin strategi ini dapat dilakukan sementara waktu untuk para pelaku wahana mainan odong-odong. Adapun odong-odong yang bersifat lokal antara lain odong-odong yang secara individual memberikan layanan pada masyarakat setempat. Bukan areal wahana pasar malam.

kemidi putar pasar malam
kemidi putar pasar malam

Dengan strategi pergerakan super mikro tersebut, hal tersebut akan membantu para pelaku usaha odong-odong untuk dapat tetap bergerak untuk mempertahankan kekuatan ekonomi keluarga. Namun, agar rekan-rekan sesama pelaku usaha di industri wahana hiburan anak dan keluarga menahan diri untuk membuat event besar seperti pasar malam.

Hal ini menjadi pengalaman tersendiri bagi kita semua. Bagaimana strategi bisnis harus bisa dinamis sekali menghadapi tantangan yang ada. Dalam waktu sekejap, kita perlu membuat rencana bisnis ulang bahkan melakukan strategi pivoting padahal rencana awal pun belum dilaksanakan sama sekali dikarenakan kondisi force majeur. Selain dari portfolio konvensional yang dijalankan oleh para pelaku usaha di bidang odong-odong, strategi lainnya adalah dengan beradaptasi terhadap teknologi dan bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi di kala pandemi seperti saat ini khususnya untuk tetap menjalankan usaha kita sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *